Keunggulan Dari Muntingia calabura ( Buah Cherry )

Keunggulan Dari Muntingia calabura ( Buah Cherry )

Muntingia calabura ( buah cherry ) adalah satu-satunya spesies dalam genus Muntingia, tanaman berbunga asli Meksiko Selatan, Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan ke Peru dan nama-nama Bolivia.Common meliputi ceri Jamaika (Inggris), Panama berry, ceri Singapura, Sabah ceri, Bajelly pohon, pohon stroberi. Bolaina (Spanyol), yamanaza, cacaniqua, capulín blanco, nigua, niguito, memizo atau memiso; Kersen (Indonesia), talok; (Bahasa Vietnam) (cây) Trứng cá; dan aratilis (Filipina), dan sarisa.

Meskipun buah ini  sering digunakan untuk menghias kue. Buah ini berbentuk kecil yang ternyata menyimpan beberapa senyawa penting berkhasiat untuk kesehatan.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dan ditulis oleh Julia F Morton dalam bukunya yang berjudul “Buah-buahan nabati” pada tahun 1987. Menurutnya, ada setidaknya 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah ceri ini.

Setiap 100 gram cherry memiliki kandungan yang terbagi sebagai berikut:
Air (77.8 gram)
Protein (0,384 gram)
Lemak (1,56 gram)
Karbohidrat (17.9 gram)
Fiber (4.6 gram)
Abu (1.14 gram)
Kalsium (124.6 mg)
Fosfor (84mg)
Besi (1,18 mg)
Karoten (0, 019g)
Tianin (0, 065g)
Ribofalin (0, 037g)
Niasin (0.554 g)
Kandungan vitamin C (budaya sepanjang 80,5 mg) nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ / 100 gram.
Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan buah Muntingia ( buah cherry), yaitu :
1. Antibakteri

Buah cherry memiliki sifat antibakteri yang setara dengan antibiotik standar yang digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan antibakteri senyawa kuat dalam buah kersen ( buah cherry).

BACA JUGA : permen kuat lelaki royal kiraz candy

2. Antioksidan

Studi juga menunjukkan bahwa tingkat antioksidan tinggi dalam buah kersen ( buah cherry ). Antioksidan disajikan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik

Rebusan daun Cherry bisa membunuh mikroba atau dapat digunakan sebagai antiseptik. Daun cherry  yang terbukti untuk membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri yang berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun cherry, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4. Anti-inflamasi

Rebusan daun Cherry juga memiliki anti-inflamasi dan juga dapat mengurangi demam.

5. Anti tumor

Daun cherry  juga dilaporkan memiliki efek anti tumor. Flavonoid yang dimiliki oleh daun cherry dikenal untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati encok

Di Indonesia, buah kersen ( buah cherry )  sering digunakan untuk mengobati encok. Buah Cherry juga terbukti mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

7. Melindungi jantung

Ekstrak daun Cherry juga dikenal untuk melindungi miokardium yang berdampak pada pengurangan yang signifikan dalam enzim restriksi kebocoran dari miokardium.

8. Perut kram

Bunga Cherry dapat digunakan sebagai antiseptik dan untuk mengobati perut kram. Anda hanya perlu untuk merebus limbah cherry dengan air, setelah direbus barulah diminum.

9. Anti kanker

Satu studi lagi  menemukan sifat anti kanker pada pohon cherry adalah dengan penemuan baru sitotoksik flavonoid di akar pohon cherry

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. nwidapuji - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger